Selasa, 13 Oktober 2020

MATERI IPS KELAS 7 BAB II Pekan 2

BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL



Tujuan : 

1. Menjelaskan  bentuk interaksi sosial yang asosiatif

2. Menjelaskan bentuk interaksi sosial yang disosiatif


MATERI

Interaksi sosial dapat terjadi di manapun dan kapanpun,. Di dalam kehidupan sehari-hari kita bisa melihat seseorang atau sekelompok orang, baik di lingkungan keluarga, di jalan, ataupun di kantor, dan di manapun melakukan interaksi sosial. Mereka berinteraksi sosial dalam bentuk yang beraneka ragam. Ada beberapa bentuk interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat, yaitu sebagai berikut :

A. Proses-proses yang Asosiatif

Proses ini terjadi apabila seseorang /kelompok orang melakukan interaksi sosial yang mengarah pada KESATUAN  PANDANGAN. Proses ini ada 3 bentuk, yaitu : 

1. Kerja sama

Suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau beberapa TUJUAN BERSAMA.  Dalam masyarakat Indonesia dikenal dengan GOTONG ROYONG. 

Ada 5 bentuk kerja sama , yaitu :

- kerukunan

- bargaining

- kooptasi

- koalisi

- joint venture

2. Akomodasi

Sebagai suatu proses usaha-usaha manusia untuk MEREDAKAN SUATU PERTENTANGAN, yaitu usaha-usaha untuk mencapai KESTABILAN. Akomodasi merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan, sehingga lawan tidak kehilangan kepribadiannya. Bentuk- bentuk akomodasi :

- koersi : menggunakan tekanan atau paksaaan

- kompromi : jalan damai & mengurangi tuntutan

- arbitrase : dengan bantuan pihak ketiga.

- mediasi : pengikutsertaan pihak ketiga yang netral.

- konsiliasi : mempertemukan keinginan pihak yang berselisih.

- toleransi : menghargai perbedaan.

- stalemate : kekuatan seimbang sehingga berhenti pada titik tertentu.

- ajudikasi : melalui pengadilan.

3. Asimilasi

Asimilasi adalah proses PELEBURAN dua kebudayaan berbeda menjadi satu kebudayaan tunggal yang dirasakan sebagai kebudayaan milik bersama.  Proses asimilasi dapat dengan mudah terjadi melalui : sikap toleransi, sikap saling menghargai orang lain dan kebudayaannya serta perkawinan campuran. 

B. Proses -proses Disosiatif

Proses ini terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan interaksi sosial yang mengarah pada KONFLIK dan MERENGGANGKAN SOLIDARITAS kelompok. Proses ini ada 3 bentuk, yaitu : 

1. Kompetisi (persaingan)

Kompetisi adalah suatu proses individu atau kelompok yang BERSAING untuk mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan tertentu. 

2. Kontravensi 

SIKAP MENTAL yang tersembunyi terhadap orang lain atau terhadap unsur-unsur kebudayaan suatu golongan tertentu.  Kontravensi ditandai perasaan tidak suka yang disembunyikan, kebencian atau keraguan terhadap orang lain. 

3. Pertentangan / Konflik

Suatu proses dimana individu dan kelompok berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai dengan ancaman dan kekerasan. 

Bentuk pertentangan / konflik misalnya : konflikpribadi, konflik sosial, konflik antar kelas / kelas sosial, konflik politik dan konflik internasional. 


Supaya lebih jelas silahkan saksikan dan perhatikan dengan baik video berikut ini https://youtu.be/lz_dVKdcRkM


TUGAS : Carilah contoh dalam kehidupan sehari-hari masing-masing satu contoh saja bentuk-bentuk interaksi sosial itu !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI IPS BAB 4 PEKAN 3

 KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA ISLAM Masuknya Islam ke Indonesia Ada beberapa pendapat yang menjelaskan masuknya Islam dan tempat asalnya. ...